Senin, 06 Mei 2013

Macam-Macam Pemanis Makanan Alami Pengganti Gula


Pemanis Makanan Alami
Mengenal macam-macam pemanis alami sebagai pengganti gula. Dalam membuat makanan seringkali kita menggunakan gula sebagai pemanis atau pemanis buatan yang dijual bebas di pasaran. Gula memang penting bagi tubuh, namun kelebihan tentunya tidak baik karena bisa memicu obesitas dan diabetes. Karena itu, sudah saatnya kita melirik bahan lain sebagai pemanis pengganti gula. Berikut ini beberapa bahan alami yang mudah didapat di sekitar kita
maupun yang dijual di pasaran yang bisa dijadikan sebagai pemanis makanan pengganti gula:

1. Madu
Madu tidak hanya manis, tapi juga memiliki sifat antimikroba, antibakteri, dan antijamur. Jadi gunakan madu sebagai pemanis alami pengganti gula di rumah.

Baca juga: Manfaat Madu untuk Kesehatan.

2. Susu organik atau krim
Suka minum kopi? Cukup tambahkan susu atau krim sebagai pengganti gula. Selain manis, juga mengandung berbagai nutrisi sehat.

3. Wortel
Membuat saus untuk pasta kadang-kadang menggunakan gula. Tapi Anda bisa menggantinya dengan wortel yang telah digiling atau diblender. Rasanya manis dan jauh lebih bernutrisi.

Baca juga: Manfaat Wortel untuk Kesehatan.

4. Bit Merah
Kebanyakan membuat red velvet cake menggunakan warna merah bit. Selain itu, manisnya bit juga membuat warna merah kue menjadi lezat. Jadi jangan ragu untuk menggunakan bit sebagai pemanis alami pengganti gula.

5. Buah Jeruk
Meskipun memiliki sedikit rasa asam yang kuat, jeruk ternyata juga memiliki rasa manis yang dapat digunakan untuk mengganti gula dalam salad topping.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar